Pages

Ads 468x60px

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blogger templates

Jumat, 25 April 2014

Latihan Soal Bunga dan Anuitas

1.      Kaka membeli sebuah equipment dengan harga sebesar Rp. 25 juta, dengan ketentuan equipment dibayar 6 bulan mendatang. Apabila toko equipment tersebut menawarkan ketentuan baru sebagai berikut: “jika Kaka membayar saat ini maka akan mendapat potongan yang besarnya sama dengan tingkat diskonto/bunga yang berlaku di pasaran (i = 10%)”. Jika Kaka bersedia menerima ketentuan baru tersebut maka berapa yang harus dibayar Kaka kepada toko equipment tersebut! (Toko menggunakan konsep perhitungan compound continuously/berbunga sepanjang waktu)

2.      Kiki menabungkan uangnya sebesar Rp. 250.000,- pada suatu bank yang menawarkan produk simpanan dengan konsep bunga harian. Apabila tingkat bunga yang berlaku adalah 8% per tahun dan Kiki menginginkan uangnya menjadi Rp. 500.000,- maka berapa lama Kiki harus menunggu?   


3.      Karena mahalnya biaya pendidikan saat ini maka sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pendidikan menawarkan paket pendidikan untuk jenjang Perguruan Tinggi. Perusahaan akan membayar biaya pendidikan dimuka sekaligus sebesar Rp. 50 juta. Kemudian biaya tersebut bisa diangsur setiap bulan oleh pemakai jasa pendidikan sebesar Rp. 1 juta. Berapa lama pemakai jasa pendidikan akan mengangsur apabila perusahaan jasa pendidikan memberlakukan tingkat bunga 11% per tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...