Pages

Ads 468x60px

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blogger templates

Minggu, 13 April 2014

Soal MATEMATIKA EKONOMI : FUNGSI DAN APLIKASINYA


1.       Permintaan dan penawaran barang Q ditunjukkan oleh fungsi sebagai berikut  D : Q = 270 – 0,5P dan S: P = Q2 + 4Q + 20.
a.       Tentukan Market Equilibrium
b.       Jika pemerintah membebankan pajak satuan Rp 205,-, maka tentukan total penerimaan pajak pemerintah, dan berapa persen beban pajak yang ditanggung oleh konsumen dan produsen.

2.       Fungsi permintaan barang Q adalah D : P = - 1,5Q + 240. Keseimbangan pasar terjadi pada harga sebesar 120. Jika harga turun 10 dari harga keseimbangan, maka banyaknya barang yang ditawarkan sebesar 60 unit.
a.       Tentukan fungsi penawaran (linier)
b.       Jika pemerintah mengenakan pajak satuan 40, maka tentukan beban pajak yang ditanggung oleh konsumen.

3.       Fungsi permintaan barang Q adalah D : Q = 1300 – 0,5P. Market equilibrium terjadi pada kuantitas sebesar 550 unit. Jika harga naik 10% dari harga keseimbangan, maka terjadi excess supply sebesar 150 unit.
a.       Tentukan fungsi penawaran (linier)
b.       Pada tingkat harga berapakah terjadi excess demand sebesar 100 unit.
c.        Jika pemerintah membebankan pajak satuan 100 per unit, maka berapa persen beban pajak yang ditanggung oleh produsen.

4.       Fungsi penawaran barang Q adalah S : P = 0,4Q + 40 sedangkan permintaan ditunjukkan oleh data sebagai berikut : Ketika harga 120 terdapat 20 unit yang dibeli oleh konsumen dan ketika harga turun menjadi 100 maka jumlah yang diminta naik menjadi  60 unit.
a.       Tentukan fungsi permintaan (linier)
b.       Jika pemerintah mengenakan pajak proporsional 25%, hitung total penerimaan pajak pemerintah, dan beban pajak yang ditanggung oleh konsumen dan produsen.

5.       Fungsi penawaran  barang Q adalah S : P = 2Q + 70. Keseimbangan pasar terjadi pada harga 160. Jika harga naik menjadi 250, maka tidak ada barang yang dibeli oleh konsumen.
a.       Tentukan fungsi permintaan (linier)
b.       Pada tingkat harga 200, tentukan besarnya excess demand/excess supply yang terjadi
c.        Jika pemerintah memberikan subsidi sebesar 20 per unit, maka hitung besarnya subsidi tersebut, dan berapa persen yang dinikmati oleh konsumen

6.       Market equilibrium terjadi pada tingkat harga 12,5. Ketika harga 15, tidak ada barang yang dibeli oleh konsumen. Diketahui fungsi penawaran S : P = 1,5Q + 5. Keseimbangan pasar setelah pemerintah mengenakan pajak t satuan terjadi pada kuantitas 4 unit.
a.       Tentukan besarnya pajak satuan
b.       Berapa persen beban pajak yang ditanggung oleh konsumen dan produsen.



exercise by : **DKs**
Buku ibarat vitamin yang mempu meningkatkan daya intelektualitas dan emosional kita
(Clare Boothe Luce)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...