1. Pembagian
Kerja atau Division of Labor
adalah
Perincian tugas pekerjaan agar setiap
individu dalam organisasi bertanggung jawab untuk dan melaksanakan kegiatan
yang terbatas.
2. Departementalisasi adalah...
Merupakan pengelompokan
kegiatan-kegiatan kerja suatu organisasi agar kegiatan-kegiatan yang sejenis dan
saling berhubungan dapat dikerjakan bersama.
3. 4 Fungsi
Manajemen :
1.
Perencanaan
Merupakan persiapan suatu perusahaan untuk kondisi bisnis di masa yang akan
datang.
2.
Pengorganisasian
Merupakan pengaturan para karyawan dan sumber-sumber lain dengan
cara yang konsisten dengan sasaran perusahaan.
3.
Kepemimpinan
Merupakan proses untuk mempengaruhi kebiasaan orang lain demi pencapaian
sasaran bersama.
4.
Pengawasan
Bertugas memonitor dan mengevaluasi tugas-tugas
yang diberikan.
4.
Perencanaan
mempunyai kaitan erat dengan pengawasan karena...
pengawasan betugas untuk memastikan apakah perencanaan yang ditetapkan
untuk memajukan kinerja perusahaan telah tercapai.
5.
Pemilihan
lokasi perusahaan penting, karena...
berpengaruh pada efisiensi biaya, baik tenaga kerja, sumber daya
alam, dan transportasi atau pendistribusian produk dari perusahaan
tersebut.
6. Apa yang dimaksud dengan jangkauan pengawasan ?
Ada berapa sebutkan !
Jangkauan
pengawasan adalah jumlah karyawan
yang berada di bawah setiap jenjang manajer. Ada 2 :
·
Jangkauan Pengawasan Sempit yaitu jika struktur organisasi dirancang agar setiap
manajer hanya mengawasi beberapa karyawan. Begitu pula sebaliknya,
·
Jangkauan Pengawasan Luas dirancang agar setiap manajer mengawasi banyak karyawan
7. Kebaikan perusahaan berbentuk Korporasi adalah...
Keuntungan
Korporasi
|
1.
Tanggung jawab terbatas
2. Akses
terhadap dana, dengan
menerbitkan saham baru
3. Transfer
kepemilikan, hal ini dapat
dilakukan dengan sangat mudah dengan menghubungi para pialang saham
|
Jelaskan perbedaan organisasi lini dengan organisasi lini dan staf !
Organisasi
Lini
|
Organisasi
lini dan staf
|
Struktur organisasi yang hanya terdiri dari
jabatan lini dan tidak ada jabatan staf.
|
Struktur organisasi yang terdiri baik jabatan
lini dan staf serta pemberian wewenang kepada karyawan yang berasal dari
manajemen yang lebih tinggi.
|
8. Fungsi para Manajer bervariasi sesuai dengan
tingkat mereka dalam berorganisasi.
Tingkat-Tingkat
Manajemen :
Ø Manajemen Puncak (Tingkat Tinggi)
Mencakup posisi-posisi seperti
presiden, direktur utama (yang umumnya bertidak sebagai presiden), direktur
keuangan, dan wakil presiden. Para majaer yang membuat keputusan – keputusan
jangka panjang hingga tiga atau lima tahun kedepan.
Ø Manajemen Menengah
Sering kali bertanggung jawab atas
keputusan perusahaaan jangka pemdek, karena pasar manajer ini lebih terlibat
dalam proses produksi. Para manajer ini mengatasi persoalan-persoalan dan
merencanakan metode-metode baru untuk meningkatkan kerja.
Misal : Manajer Pabrik
Ø Manajemen Pengawasan
Para manajer yang sangat terlibat
dengan karyawan-karyawan yang melaksanakan proses produksi sehari-hari.
9. Lingkungan yang mengelilingi bisnis ada yang
disebut dengan, Contoh :
-
Lingkungan Ekonomi adalah Menjelaskan
kondisi ekonomi yang berlangsung dan terbentangnya resiko maupun manfaat yang
dihadapi perusahaan terhadap kondisi tersebut.
-
Lingkungan Industri adalah Menjelaskan
pertanyaan dalam industri dan permintaan secara umum atas produk tersebut dalam
industri.
-
Lingkungan Global adalah Menenetukan
bagaimana permintaan produk mungkin berubah dalam reaksi kepada kondisi global
yang akan datang.
10. Waralaba atau Franchise adalah...
Suatu pengaturan
perjanjian dimana seorang pemilik bisnis (franchisor) memperbolehkan pemilik
bisnis lain (franchisee) memakai nama, hak cipta dan merek dagangnya, dalam
kondisi tertentu.
Keuntungan
|
Kerugian
|
Gaya Pengelolaan yang telah terbukti
Nama yang telah dikenal
Dukungan dana
|
Berbagi keuntungan
Pengendalian keuntungan
|
11. a. Apa yang
dimaksud dengan sentralisasi
Sentralisasi adalah sebagian
besar wewenang perusahaan berada pada para manajer tingkat tinggi.
b . Apa yang dimaksud dengan Desentralisasi, Keuntungan dan Kerugian
Desentralisasi adalah
wewenang terbagi antara berbagai divisi atau para manajer. Bentuk ekstrem dari
desentralisasi adalah otonomi, dimana divisi diperbolehkan membuat keputusan
sendiri dan berpihak secara independen.
Keuntungan
|
Kerugian
|
Ø Menurunkan biaya operasi karena gaji karyawan
yang tidak diperlukan dapat dihapus
Ø Memeprcepat proses pembuatan keputusan, karena
karyawan tingkat yang lebih bawah diberi lebih banyak kekuasaan
Ø Memotivasi beberapa karyawan dengan memberikan
lebih banyak tanggung jawab kepada mereka
Ø Memungkinkan para karyawan yang sangat terlibat
dalam produksi produk tertentu untuk memberikan masukan mereka
|
Ø Memaksakan para manajer untuk membuat keputusan
besar meskipun mereka tidak memiliki pengalaman dan kemampuan untuk itu
Ø Ada kemungkinan para pengemban tugas tidak mampu
untuk menyelesaikan tugas mereka
Ø Bagi karyawan yang tidak mampu bisa saja mereka
malah menghindar dari tugas.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar