Pages

Ads 468x60px

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blogger templates

Sabtu, 10 Mei 2014

LATIHAN SOAL-SOAL PENGANTAR BISNIS

KELAS          : D
TUGAS          : LATIHAN SOAL-SOAL PENGANTAR BISNIS


JAWABAN SOAL
1.      Pembagian kerja (division of labour) adalah Pemerincian tugas pekerjaan agar setiap individu dalam organisasi bertanggung jawab untuk dan melaksanakan kegiatan yang terbatas.

2.      Depertementalisasi adalah Pengelompokan kegiatan kerja suatu organisasi agar kegiatan yang sejenis dan saling berhubungan dapat dikerjakan bersama.

3.      Fungsi manajer :
a)      Perencanaan merupakan persiapan suatu perusahaan untuk kondisi bisnis di masa yang akan datang.
b)      Pengorganisasian merupakan pengaturan para karyawan dan sumber-sumber lain dengan cara yang konsisten dengan sasaran perusahaan.
c)      Kepemimpinan merupakan proses untuk mempengaruhi kebiasaan orang lain demi pencapaian sasaran bersama.
d)     Pengawasan bertugas memonitor dan mengevaluasi tugas-tugas yang diberikan.

4.      Perencanaan mempunyai kaitan erat dengan pengawasan karena pengawasan betugas untuk memantau dari hasil kerja perusahaan , apkah sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan dan tujuan yang diharapkan.

5.      Pemilihan lokasi perusahaan yang tepat adalah penting, karena
a)      Efisiensi tenaga kerja  dan sumber daya alam
b)      Efisiensi biaya transporasi produksi
c)      Agar produk yang ditawarkan tepat pada sasaran dan pada wilayah yang sesuai.

6.      Yang dimaksud dengan jangkauan pengawasan adalah jumlah karyawan yang berada di bawah setiap manajer. Terdapat dua jenis jangauan pengawasan, yaitu :
a)      Jangkauan Pengawasan Sempit yaitu jika struktur organisasi dirancang agar setiap manajer hanya mengawasi beberapa karyawan. Begitu pula sebaliknya,
b)      Jangkauan Pengawasan Luas dirancang agar setiap manajer mengawasi banyak karyawan

7.      Keuntungan dari Korporasi :
a)      Tanggung Jawab Terbatas.
b)      Akses terhadap Dana mudah dan cepat.
c)      Transfer Kepemilikan mudah dan cepat.

8.      Yang dimaksud dengan Organisasi Lini adalah struktur organisasi yang hanya terdiri dari jabatan lini, dan tidak ada jabatan staf. Sedangkan yang dimaksud dengan Organisasi Lini dan Staf adalah struktur organisasi yang terdiri dari baik jabatan lini dan staf serta pemberian wewenang kepada karyawan yang berasal dari manajemen yang lebih tinggi.

9.      Fungsi manajer berdasarkan tingkatannya,
a)      Manajemen puncak (tingkat tinggi) Para manajer dalam posisi seperti presiden, direktur utama, direktur keuangan, dan wakil presiden, yang membuat keputusan, mengenai sasaran-sasaran jangka panjang perusahaan.
b)      Manaiemen menengah para manajer yang sering kali bertanggung jawab atas keputusan jangka pendek.
c)      Manajemen pengawas (garis depan) Para manajer yang umumnya berhubungan erat dengan para karyawan yang terlibat dalam proses produksi sehari-hari.

10.  Lingkungan yang mengelilingi bisnis ada 3, yaitu :
a)      Lingkungan Ekonomi
Menjelaskan kondisi ekonomi yang berlangsung dan terbentangnya resiko maupun manfaat yang dihadapi perusahaanterhadap kondisi tersebut.
b)      Lingkungan Industri
Menjelaskan pertanyaan dalam industri dan permintaan secara umum atas produk tersebut dalam industri.
c)      Lingkungan Global
Menenetukan bagaimana permintaan produk mungkin berubah dalam reaksi kepada kondisi global yang akan datang.

11.  Franchise (waralaba) merupakan suatu pengaturan di mana seorang pemilik bisnis franchisor (perusahaan pemberi izin waralaba)  memperbolehkan orang lain (franchise) memakai merek dagangnya, nama dagangnya, atau meniru haknya, dalam kondisi tertentu. Keuntungan Waralaba :
a)      Gaya Pengelolaan yang telah Terbukti.
b)      Nama yang telah Dikenal.
c)      Dukungan Dana.
Kerugian Waralaba :
a)Berbagi Keuntungan.
b)      Pengendalian Keuntungan

12.              Beberapa perusahaan berusaha menyerahkan sebagian besar wewenang kepada para manajer tingkat tinggi, yang disebut sebagai sentralisasi.
Desentralisasi, berarti wewenang terbagi di antara berbagai divisi atau para manajer. Bentuk ekstrem dari desentralisasi adalah otonomi, di mana divisi diperbolehkan membuat keputusan sendiri dan bertindak secara independen.
Keuntungan Desentralisasi struktur organisasi yang terdesentralisasi mampu meningkatkan kinerja perusahaan karena alasan berikut ini. Pertama, desentralisasi menurunkan biaya operasi, karena gaji beberapa karyawan yang tidak diperlukan lagi dapat dihapus, Kedua, mempercepat proses pembuatan keputusan, karena para karyawan di tingkat yang lebih bawah diberi lebih banyak kekuasaan. Ketiga, memotivasi beberapa karyawan dengan memberikan lebih banyak tanggung jawab kepada mereka. Keempat, memungkinkan para karyawan yang sang at terlibat dalam produksi produk tertentu untuk memberikan masukan mereka. Sedangan,
Kerugiannya adalah Struktur organisasi yang didesentralisasi juga memiliki kerugian. Hal ini mungkin memaksa para manajer untuk membuat keputusan besar, Meskipun mereka tidak memiliki pengalaman untuk membuat keputusan seperti itu atau cenderung untuk tidak erbuat demikian. Di samping itu, jika para manajer menengah dan pengawas diberi tanggung jawab yang sangat besar, terdapat kemungkinan bahwa mereka tidak mampu menyelesaikan semua tugas mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...