Pages

Ads 468x60px

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blogger templates

Kamis, 22 Mei 2014

Soal Latihan Pengantar Bisnis


1.      Pembagian Kerja atau Division of Labor adalah
Perincian tugas pekerjaan agar setiap individu dalam organisasi bertanggung jawab untuk dan melaksanakan kegiatan yang terbatas.

2.      Departementalisasi adalah...
Merupakan pengelompokan kegiatan-kegiatan kerja suatu organisasi agar kegiatan-kegiatan yang sejenis dan saling berhubungan dapat dikerjakan bersama.

3.      4 Fungsi Manajemen :
1.      Perencanaan
Merupakan persiapan suatu perusahaan untuk kondisi bisnis di masa yang akan datang.
2.      Pengorganisasian
Merupakan pengaturan para karyawan dan sumber-sumber lain dengan cara yang konsisten dengan sasaran perusahaan.
3.      Kepemimpinan
Merupakan proses untuk mempengaruhi kebiasaan orang lain demi pencapaian sasaran bersama.
4.      Pengawasan
Bertugas memonitor dan mengevaluasi tugas-tugas yang diberikan.
4.      Perencanaan mempunyai kaitan erat dengan pengawasan karena...
pengawasan betugas untuk memastikan apakah perencanaan yang ditetapkan untuk memajukan kinerja perusahaan telah tercapai.
5.      Pemilihan lokasi perusahaan penting, karena...
berpengaruh pada efisiensi biaya, baik tenaga kerja, sumber daya alam, dan transportasi atau pendistribusian produk dari perusahaan tersebut.
6.      Apa yang dimaksud dengan jangkauan pengawasan ? Ada berapa sebutkan !
Jangkauan pengawasan adalah jumlah karyawan yang berada di bawah setiap jenjang manajer. Ada 2 :
·         Jangkauan Pengawasan Sempit yaitu jika struktur organisasi dirancang agar setiap manajer hanya mengawasi beberapa karyawan. Begitu pula sebaliknya,
·         Jangkauan Pengawasan Luas dirancang agar setiap manajer mengawasi banyak karyawan
7.      Kebaikan perusahaan berbentuk Korporasi adalah...
Keuntungan Korporasi
1.      Tanggung jawab terbatas
2.      Akses terhadap dana, dengan menerbitkan saham baru
3.      Transfer kepemilikan, hal ini dapat dilakukan dengan sangat mudah dengan menghubungi para pialang saham

Jelaskan perbedaan organisasi lini dengan organisasi lini dan staf !
Organisasi Lini
Organisasi lini dan staf
Struktur organisasi yang hanya terdiri dari jabatan lini dan tidak ada jabatan staf.
Struktur organisasi yang terdiri baik jabatan lini dan staf serta pemberian wewenang kepada karyawan yang berasal dari manajemen yang lebih tinggi.


8.      Fungsi para Manajer bervariasi sesuai dengan tingkat mereka dalam berorganisasi.
Tingkat-Tingkat Manajemen :
Ø  Manajemen Puncak (Tingkat Tinggi)
Mencakup posisi-posisi seperti presiden, direktur utama (yang umumnya bertidak sebagai presiden), direktur keuangan, dan wakil presiden. Para majaer yang membuat keputusan – keputusan jangka panjang hingga tiga atau lima tahun kedepan.
Ø  Manajemen Menengah
Sering kali bertanggung jawab atas keputusan perusahaaan jangka pemdek, karena pasar manajer ini lebih terlibat dalam proses produksi. Para manajer ini mengatasi persoalan-persoalan dan merencanakan metode-metode baru untuk meningkatkan kerja.
Misal : Manajer Pabrik
Ø  Manajemen Pengawasan
Para manajer yang sangat terlibat dengan karyawan-karyawan yang melaksanakan proses produksi sehari-hari.

9.      Lingkungan yang mengelilingi bisnis ada yang disebut dengan, Contoh :
-          Lingkungan Ekonomi adalah Menjelaskan kondisi ekonomi yang berlangsung dan terbentangnya resiko maupun manfaat yang dihadapi perusahaan terhadap kondisi tersebut.
-          Lingkungan Industri adalah Menjelaskan pertanyaan dalam industri dan permintaan secara umum atas produk tersebut dalam industri.
-          Lingkungan Global adalah Menenetukan bagaimana permintaan produk mungkin berubah dalam reaksi kepada kondisi global yang akan datang.

10.  Waralaba atau Franchise adalah...
Suatu pengaturan perjanjian dimana seorang pemilik bisnis (franchisor) memperbolehkan pemilik bisnis lain (franchisee) memakai nama, hak cipta dan merek dagangnya, dalam kondisi tertentu.

Keuntungan
Kerugian
Gaya Pengelolaan yang telah terbukti
Nama yang telah dikenal
Dukungan dana
Berbagi keuntungan
Pengendalian keuntungan

11.   a. Apa yang dimaksud dengan sentralisasi
Sentralisasi adalah sebagian besar wewenang perusahaan berada pada para manajer tingkat tinggi.
b . Apa yang dimaksud dengan Desentralisasi, Keuntungan dan Kerugian
Desentralisasi adalah wewenang terbagi antara berbagai divisi atau para manajer. Bentuk ekstrem dari desentralisasi adalah otonomi, dimana divisi diperbolehkan membuat keputusan sendiri dan berpihak secara independen.
Keuntungan
Kerugian
Ø  Menurunkan biaya operasi karena gaji karyawan yang tidak diperlukan dapat dihapus
Ø  Memeprcepat proses pembuatan keputusan, karena karyawan tingkat yang lebih bawah diberi lebih banyak kekuasaan
Ø  Memotivasi beberapa karyawan dengan memberikan lebih banyak tanggung jawab kepada mereka
Ø  Memungkinkan para karyawan yang sangat terlibat dalam produksi produk tertentu untuk memberikan masukan mereka
Ø  Memaksakan para manajer untuk membuat keputusan besar meskipun mereka tidak memiliki pengalaman dan kemampuan untuk itu
Ø  Ada kemungkinan para pengemban tugas tidak mampu untuk menyelesaikan tugas mereka
Ø  Bagi karyawan yang tidak mampu bisa saja mereka malah menghindar dari tugas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...