Pages

Ads 468x60px

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blogger templates

Selasa, 13 Mei 2014

Soal Ujian Statistik

1.      Manajer suatu pabrik menyelidiki kekuatan bola lampu  yang diproduksi. Dari sampel 25 bola lampu diketahui rata-rata umur pakai 3000 jam dengan simpangan baku 200 jam. Buatlah interval keyakinan 95% untuk menduga kekuatan bola lampu tersebut ! Jika Manajer berpendapat kekuatan bola kurang dari 3.200 jam, apakah pendapat tersebut beralasan ? (Gunakan a = 5%)
2.      Kantor pajak Jawa Timur membandingkan pelunasan pajak kendaraan bermotor di Kota Surabaya dengan Kota malang. Di Kota Surabaya : dari 100 kendaraaan sampel random, 65 diantaranya sudah melunasi pajak, sedangkan di Kota Malang dari 80 sampel random, 48 diantaranya sudah melunasi pajak. Apakah perbedaan tersebut signifikan dengan a = 10% ?
3.      Sebuah bank swasta dengan total nasabah 2.000 orang melakukan penelitian tentang kepuasan nasabah terhadap pelayanan bank. Dari hasil survey terhadap 100 orang sample random, 65 diantaranya menyatakan puas dengan pelayanan bank tersebut. Dengan interval keyakinan 95%, hitung persentase nasabah yang puas dengan pelayanan bank ! Jika pimpinan bank mengatakan lebih dari 60% nasabah puas, benarkah pendapat tersebut ? (Gunakan a = 5%) ?
4.      Seorang dosen berpendapat bahwa nilai ujian kls A lebih rendah dari pada kls B. Suatu penelitian dilakukan untuk menguji pendapat tersebut dengan sampel masing-masing 50 orang. Hasilnya rata-rata kls A 60 dengan simpangan baku 15 dan rata-rata kls B 70 dengan simpangan baku 20. Ujilah pendapat tersebut dengan a = 5%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...