Pages

Ads 468x60px

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blogger templates

Minggu, 04 Mei 2014

Soal-soal Aplikasi Fungsi dalam Ilmu Ekonomi


1.     Fungsi penawaran terhadap barang Q adalah S: P = 3Q + 50. keseimbangan terjadi pada tingkat harga Rp 200,-. Setelah pemerintah mengeluarkan pajak satuan Rp 50,- per unit, keseimbangan baru tejadi pada tingkat kuantitas 40 unit.
a.   Tentukan fungsi permintaan (asumsi linier).
b.   Pada tingkat harga berapakah terjadi excess demand sebesar 50 unit.
c.    Berapa persen beban pajak yang ditanggung oleh produsen.

(UTS GASAL ’02/’03)

2.     Fungsi permintaan barang Q adalah D: P = -2Q + 250. Market equilibrium terjadi pada harga Rp 160,-. Ketika harga Rp 170,- jumlah barang yang ditawarkan produsen sebanyak 50 unit.
a.   Tentukan fungsi penawaran (linier).
b.   Pada tingkat harga berapakah terjadi excess demand sebanyak 30 unit.
c.    Jika pemerintah memberikan subsidi sebesar 20 per unit, maka berapakah besarnya subsidi yang diberikan, dan berapa persen yang dinikmati oleh konsumen.

(UTS GASAL ‘03/’04)

3. Diketahui fungsi demand : Q = 125-0.5P dan fungsi supply : P = 50+3Q.Jika pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp 10,- setiap unit yang terjual,maka tentukan:
 a. berapa besarnya rupiah yang diberikan pemerintah kepada  masyarakat
 b. Berapa prosentase subsidi yang diterima oleh konsumen dan produsen

(UTS GASAL ‘04/’05)

4. Jika harga barang X di pasar adalah Rp 25.000,- maka jumlah barang X yang diminta sebanyak 3.000 unit dan terjadi excess supply sebesar 7.000 unit. Sebaliknya excess demand sebesar 3.500 unit akan terjadi apabila harga barang X sebesar Rp 10.000,- dan jumlah barang X yang diminta sebanyak 6.000 unit. Dari keterangan tersebut di atas, maka tentukan:
a.   Fungsi Demand dan Supply.
b.   Harga dan kuantitas keseimbangan.
c.    Jika harga barang X di pasar tersebut Rp 12.000,- maka excess apa yang akan terjadi dan berapa besar dari excess tersebut.
d.   Jika terjadi excess supply sebesar 700 unit, maka berapa harga barang X dan jumlah barang yang dminta serta yang ditawarakan.

(UTS GASAL ‘05/’06)

5.    Jika diketahui harga dan kuantitas keseimbangan barang Y sebelum dibebani pajak Py = Rp 15.000,- dan Qy = 5.000 unit. Apakah kemudian pemerintah membebani pajak pada setiap barang Y yang terjual (diminta) sebesar Rp 3.500,- maka harga barang Y menjadi Py’ = Rp 17.500,- dan jumlah barang yang terjual (diminta) Qy’ = 4.500 unit. Berdasarkan keterangan tersebut, tentukan:
a.    Fungsi Demand dan Supply sebelum kena pajak, serta fungsi Supply setelah kena pajak.
b.    Prosentase pajak yang ditanggung oleh konsumen dan produsen.
c.     Besarnya pajak yang diterima oleh pemerintah.

(UTS GASAL ‘05/’06)

6.    Permintaan dan penawaran terhadap barang Q sebagai berikut : Ketika harga sebesar $ 60 jumlah barang yang diminta konsumen sebesar 60 unit dan tidak ada barang yang ditawarkan oleh produsen.Jika harga naik menjadi $ 90, jumlah barang yang diminta oleh konsumen berkurang 15 unit dan jumlah barang yang ditawarkan produsen sebesar 10 unit
   a .Tentukan fungsi permintaan dan penawaran (linier)
   b.Tentukan keseimbangan pasar
   c.pada tingakt harga berapakah terjadi excess demand sebesar 10 unit

(UTS GASAL ‘05/’06)

7.  Fungsi permintaan dan penawaran barang Q adalah D: Q = -P+270 dan S : P = 2Q+60.Jika pemerintah mengenakan pajak satuan $10 per unit barang Q,maka berapa persen beban pajak yang ditanggung oleh konsumen
(UTS GASAL ‘05/’06)

8.    Jika diketahui fungsi permintaan dan penawaran terhadap suatu jenis barang adalah: D: Q = -P + 270 dan S: P = 2Q + 60, ditanyakan:
a.    Market equilibrium yang dicapai.
b.    Kalau harga barang ini turun menjadi 54 satuan rupiah apa yang terjadi.
c.     Hitung P agar dicapai excess supply sebanyak 30 unit.

(Matematika,Hussain B. & Djoko M.)

9.     Jika diketahui fungsi penawaran terhadap suatu jenis barang S: P = 0,5Q +300. Jika market equilibrium terjadi pada price P = Rp 500,- dan kalau harga menjadi Rp 450,- akan terjadi excess demand sebanyak 200 unit dan kalau fungsi demand adalh linier, maka:
a.    Dapatkan fungsi demand.
b.    Kalau harga naik Rp 100,- dibandingkan price equilibriium maka hitung excess yang terjadi.
c.     Kalau terhadap barang ini pemerintah membani pajak 10% per unit barang, maka dapatkan ME yang baru dan berapa persen beban pajak yang ditanggung konsumen.

(Matematika, Hussain B. & Djoko M.)

10. Diketahui fungsi D: 2P + 11Q = 270 dan S: P = 0,2Q + 60 maka ditanyakan:
a.    Market equilibrium yang dicapai, kalau diketahui pula bahwa satuan kuantitas barang adalah kelipatan ribuan dan satuan harga adalah kelipatan seratus rupiah.
b.    Kalau terhadap barang ini pemerintah membani pajak 25% per satuan harga barang, maka dapatkan equilibrium baru.
c.     Gambarkan kurva permintaan dan kurva penawaran sebelum dan sesudah dibebani pajak dan tunjukkan dari beban ini bagian mana yang merupakan beban konsumen.

(Matematika, Hussain B. & Djoko M.)

11. Market equilibrium terjadi pada tingkat harga 12,5.Ketika harga 15,tidak ada barang yang dibeli oleh konsumen.Diketahui fungsi penawaran S :  P = 1,5 Q+5.Keseimbangan pasar setelah pemerintah mengenakan pajak t satuan terjadi pada kuantitas 4 unit.
   a. Tentukan besarnya pajak satuan
   b. Berapa persen beban pajak yang ditanggung oleh konsumen dan produsen
12. Fungsi Penawaran barang Q adalah S : P=2Q+70.Keseimbangan pasar terjadi pada harga 160.Jika harga naik menjadi 250,maka tidak ada barang yang dibeli oleh konmumen.
a. Tentukan fungsi permintaan (linier)
b. Pada tingkat harga 200,tentukan besarnya excess demand/excess supply yang terjadi
c. Jika pemerintah memberikan subsidi sebesar 20 per unit,maka hitung besarnya subsidi tersebut,dan  berapa persen yang dinikmati oleh konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...