Soal Latihan
1. Pembagian Kerja atau Division of Labor adalah
Perincian tugas pekerjaan agar
setiap individu dalam organisasi bertanggung jawab untuk dan melaksanakan
kegiatan yang terbatas.
2. Departementalisasi
adalah...
Merupakan pengelompokan
kegiatan-kegiatan kerja suatu organisasi agar kegiatan-kegiatan yang sejenis dan
saling berhubungan dapat dikerjakan bersama.
3. 4 Fungsi Manajemen :
1.
Perencanaan
Merupakan persiapan suatu perusahaan untuk kondisi bisnis
di masa yang akan datang.
2.
Pengorganisasian
Merupakan pengaturan para karyawan dan
sumber-sumber lain dengan cara yang konsisten dengan sasaran perusahaan.
3.
Kepemimpinan
Merupakan proses untuk mempengaruhi kebiasaan orang lain
demi pencapaian sasaran bersama.
4.
Pengawasan
Bertugas memonitor dan mengevaluasi
tugas-tugas yang diberikan.
4.
Perencanaan
mempunyai kaitan erat dengan pengawasan karena...
pengawasan betugas untuk memastikan apakah perencanaan
yang ditetapkan untuk memajukan kinerja perusahaan telah tercapai.
5.
Pemilihan
lokasi perusahaan penting, karena...
berpengaruh pada efisiensi biaya, baik tenaga kerja,
sumber daya alam, dan transportasi atau pendistribusian produk
dari perusahaan tersebut.
6. Apa yang dimaksud dengan jangkauan
pengawasan ? Ada berapa sebutkan !
Jangkauan pengawasan adalah jumlah karyawan yang berada di bawah setiap jenjang manajer. Ada 2 :
·
Jangkauan Pengawasan Sempit yaitu jika struktur organisasi
dirancang agar setiap manajer hanya mengawasi beberapa karyawan. Begitu pula
sebaliknya,
·
Jangkauan Pengawasan Luas dirancang agar setiap manajer
mengawasi banyak karyawan
7. Kebaikan perusahaan berbentuk Korporasi
adalah...
Keuntungan Korporasi
|
1.
Tanggung jawab terbatas
2. Akses terhadap dana, dengan menerbitkan saham baru
3. Transfer kepemilikan, hal ini dapat dilakukan dengan sangat mudah dengan menghubungi para
pialang saham
|
Jelaskan perbedaan organisasi lini dengan organisasi lini dan staf !
Organisasi Lini
|
Organisasi lini dan staf
|
Struktur organisasi yang hanya terdiri dari
jabatan lini dan tidak ada jabatan staf.
|
Struktur organisasi yang terdiri baik jabatan
lini dan staf serta pemberian wewenang kepada karyawan yang berasal dari
manajemen yang lebih tinggi.
|
8. Fungsi para Manajer bervariasi sesuai
dengan tingkat mereka dalam berorganisasi.
Tingkat-Tingkat Manajemen :
Ø
Manajemen
Puncak (Tingkat Tinggi)
Mencakup posisi-posisi seperti
presiden, direktur utama (yang umumnya bertidak sebagai presiden), direktur
keuangan, dan wakil presiden. Para majaer yang membuat keputusan – keputusan
jangka panjang hingga tiga atau lima tahun kedepan.
Ø
Manajemen
Menengah
Sering kali bertanggung jawab
atas keputusan perusahaaan jangka pemdek, karena pasar manajer ini lebih
terlibat dalam proses produksi. Para manajer ini mengatasi persoalan-persoalan
dan merencanakan metode-metode baru untuk meningkatkan kerja.
Misal : Manajer Pabrik
Ø
Manajemen
Pengawasan
Para manajer yang sangat
terlibat dengan karyawan-karyawan yang melaksanakan proses produksi
sehari-hari.
9. Lingkungan yang mengelilingi bisnis ada
yang disebut dengan, Contoh :
-
Lingkungan Ekonomi adalah Menjelaskan
kondisi ekonomi yang berlangsung dan terbentangnya resiko maupun manfaat yang
dihadapi perusahaan terhadap kondisi tersebut.
-
Lingkungan Industri adalah Menjelaskan
pertanyaan dalam industri dan permintaan secara umum atas produk tersebut dalam
industri.
-
Lingkungan Global adalah Menenetukan
bagaimana permintaan produk mungkin berubah dalam reaksi kepada kondisi global
yang akan datang.
10. Waralaba atau Franchise adalah...
Suatu
pengaturan perjanjian dimana seorang pemilik bisnis (franchisor) memperbolehkan
pemilik bisnis lain (franchisee) memakai nama, hak cipta dan merek dagangnya,
dalam kondisi tertentu.
Keuntungan
|
Kerugian
|
Gaya Pengelolaan yang telah terbukti
Nama yang telah dikenal
Dukungan dana
|
Berbagi keuntungan
Pengendalian keuntungan
|
11. a.
Apa yang dimaksud dengan sentralisasi
Sentralisasi adalah
sebagian besar wewenang perusahaan berada pada para manajer tingkat tinggi.
b . Apa yang dimaksud dengan Desentralisasi, Keuntungan dan Kerugian
Desentralisasi adalah wewenang terbagi antara berbagai divisi atau para manajer. Bentuk ekstrem
dari desentralisasi adalah otonomi, dimana divisi diperbolehkan membuat
keputusan sendiri dan berpihak secara independen.
Keuntungan
|
Kerugian
|
Ø
Menurunkan
biaya operasi karena gaji karyawan yang tidak diperlukan dapat dihapus
Ø
Memeprcepat
proses pembuatan keputusan, karena karyawan tingkat yang lebih bawah diberi
lebih banyak kekuasaan
Ø
Memotivasi
beberapa karyawan dengan memberikan lebih banyak tanggung jawab kepada mereka
Ø
Memungkinkan
para karyawan yang sangat terlibat dalam produksi produk tertentu untuk
memberikan masukan mereka
|
Ø
Memaksakan
para manajer untuk membuat keputusan besar meskipun mereka tidak memiliki
pengalaman dan kemampuan untuk itu
Ø
Ada
kemungkinan para pengemban tugas tidak mampu untuk menyelesaikan tugas mereka
Ø
Bagi
karyawan yang tidak mampu bisa saja mereka malah menghindar dari tugas.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar